Monday, March 24, 2008

HAKIKAT DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

HAKIKAT DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

Kurikulum sebenarnya memiliki dua kegiatan yang saling terkait, yaitu : pengembangan dan pembinaan kurikulum, sedangkan pembinaan merupakan kegiatan pelaksanaan dan pemantauan pelaksanaannya.

Banyak faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum,

(1) Pengertian pengembangan kurikulum

(2) Fungsi dan peran pengembangan kurikulum

(3) Asas-asas pengembangan kurikulum,serta

(4) Prinsip pengembangan kurikulum.

KONSEP DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM

Hakikat Pengembangan Kurikulum

Kurikulum disusun agar dunia pendidikan dapat memenuhi tuntutan yang berkembang dalam masyarakat. Jika masyarakatnya berubah,maka kurikulumnya juga harus ikut berubah.pengembangan kurikulum dapat terjadi kapan salah satu kebutuhan yang harus diperhatikan dalam kurikulum adalah pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perilaku kehidupan masyarakat,berbangsa dan bernegara.

PERAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

  1. Peran konservatif
  2. Peran kritis dan evalutif
  3. Peran kreatif.

PROSES PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

    1. Makna perubahan kurikulum
    2. Perubahan dan pengembangan
    3. Bagaimana terjadinya perubahan
    4. Perubahan guru
    5. Mengubah lembaga atau organisasi
    6. Kelambanan perubahan dalam pendidikan.

ISI PENGEMBANGAN KURIKULUM

Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam kaitannya dengan isi dalam pengembangan kurikulum.

  1. Isi kurikulum didefinisikan sebagai bahan atau materi belajar dan mengajar. Bahan ini tidak hanya berisikan informasi faktual, tetapi juga mencakup pengetahuan, keterampilan, konsep, sikap, dan nilai.
  2. Dalam proses belajar mengajar ada dua elemen kurikulum yang berinteraksi secara konstan yakni isi dan metode. Ketika keduanya dipisahkan menjadi elemen-elemen kurikulum, masing-masing dapat dinilai dengan kriteria yang berbeda.

1) Persoalan-persoalan yang berhubungan dengan penyelesaian isi atau bahan

Beberapa masalah dalam menyeleksi isi. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, para pengembang kurikulum perlu:

a. Mengadopsi prosedur rasional dalam memilih isi

b. Menentukan isi atau bahan ap yang diketahui anak didik;

c. Memutuskan apakah isi (baru) ditambahkari

d. Mengetahui keseimbangan antara penguasaan bahan atau isi pelajaran dan pentingnya proses;serta

e. Menentukan tingkatan isi/bahan yang diajarkan dalam mata pelajaran tradisional.

2) Kriteria penyeleksian isi atau bahan

a. Validitas

b. Signifikansi

c. Sesuai dengan minat peserta didik

d. Dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran (learnability)

e. Konsisten dengan realitas sosial

f. Mempunyai nilai guna (utility)

ASAS PENGEMBANGAN KURIKULUM

1. Asas filosofis

2. Asas psikologis

1) Psikologis anak

2) Psikologis belajar

3. Asas sosiologis

4. Asas organisatoris

PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM

Tingkat Pengembangan

Pengembangan kurikulum dapat dilakukan dalam kadar kecil dan sangat terbatas, dan dapat pula secara meluas dan mendasar. Pengembangan kurikulum itu dapat berupa (1) substitusi, (2) alterasi, (3) variasi, (4) restrukturisasi, dan (5) orientasi baru.

PROSES PENGEMBANGAN KURIKULUM

Pada dasarnya, kurikulum tak pernah kunjung sempurna dan senantiasa dapat diperbaiki. Oleh karena itu, bila kita ingin memperbaiki kurikulum sekolah sehingga hasilnya baik,harus mempertimbangan: situasi sekolah,kebutuhan siswa dan guru,masalah yang dihadapi sekolah, kompetensi guru,gejala sosial,serta perkembangan dan aliran dalam kurikulum.

  1. Mengetahui tujuan perbaikan
  2. Mengenai keadan sekolah
  3. Mempelajari kebutuhan murid dan guru
  4. Mengenal masalah yang dihadapi sekolah
  5. Mengenal kompetensi guru
  6. Mengenal gejala sosial
  7. Mengetahui aliran-aliran dalam pengembangan kurikulum

PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN

1. Prinsip relevansi

1. Relevansi pendidikan dengan lingkungan anak didik.

2. Relevansi pendidikan dengan kehidupan yang akan datang.

3. Relevansi pendidikan dengan dunia kerja.

4. Relenvasi pendidikan denga ilmu pengetahuan

2. Prinsip efektivitas

Pertama, efektivitas mengajar pendidik, yang berkaitan dengan tingkat keterlaksanaan kegiatan belajar mengajar yang direncanakan. Kedua, efektivitas belajar anak didik, yang berhubungan dengan tingkat ketercapaian tujuan pengajaran melalui kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan.

3. Prinsip efisiensi

4. Prinsip kesinambungan (kontinuitas)

5. Prinsip fleksibilitas (keluwesan)

6. Prinsip berorientasi tujuan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN KURIKULUM

  1. Perguruan tinggi
  2. Masyarakat
  3. Sistem nilai

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam mengakomodosi pelbagai nilai yang tumbuh di masyarakat dalam kurikulum sekolah.

  1. Mengetahui dan memperhatikan semua nilai yang ada dalam masyarakat.
  2. Berpegang pada prinsip demokratis,etis ,dan moral.
  3. Berusaha menjadikan dirinya sebagai teladan yang patut ditiru.
  4. Menghargai nilai-nilai kelompok lain.
  5. Memahami dan menerima keragaman budaya yang ada

No comments: